Demografi Penduduk

DEMOGRAFI PENDUDUK

Desa Gladagsari memiliki luas wilayah 297,83 hektare dan tinggali 4.183 penduduk. Mayoritas penduduk bermatapencaharian sebagai petani tapi produktivitas pertanian tanaman pangan di desa itu masih rendah karena tanah kurang subur.

Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin

Jenis Kelamin

Jumlah

Laki-Laki

2.180

Perempuan

2.003


Topografi

Desa Gladagsari merupakan desa pertanian lahan kering dengan topografi bergelombang. Wilayah Gladagsari dibagi ke dalam empat dusun, delapan rukun warga, dan 23 rukun tetangga. Gladagsari berbatasan dengan Desa Kaligentong di sebelah utara, Desa Tanduk di sebelah selatan, Desa Candi di sebelah timur, dan Desa Kembang di sebelah barat.

Luas Wilayah 297,83 hektare

Penggunaan Lahan

Luas

Permukiman

Perkantoran

Prasarana Umum Lain

Tegal/Ladang

74,70 hektare

0,30 hektare

12,83 hektare

210,00 hektare


Hidrologi

Sesuai dengan topografi Desa Gladagsari terdapat sungai-sungai dan jurang dari arah barat ke timur, yakni Kali Kerok, Kali Keboan, Kali Gondang, Kali Tutup, Kali Cepit, dan Kali Madoh. Desa ini juga memiliki 19 titik sumber mata air, tapi belum semuanya dimanfaatkan secara maksimal.

Kualitas Medan

Sungai dan jurang yang belum terhubung dengan jembatan membuat Gladagsari terbagi menjadi wilayah lor (utara) jurang dan wilayah kidul (selatan) jurang. Oleh sebab itu, warga yang tinggal di wilayah selatan jurang harus memutas jika ingin menuju ke wilayah utara jurang, demikian pula sebaliknya.

Selain itu, kondisi tanah desa yang bergelombang dan banyak jurang kurang menguntungkan bagi perekonomian warga. Petani yang memiliki lahan di sekitar sungai/jurang mengalami kesulitan membawa sarana produksi pertanian dari rumah ke ladang atau membawa pulang hasil panen serta pakan ternak. Kondisi tersebut membuat lahan-lahan pertanian menjadi kurang produktif menghasilkan tanaman pangan. Petani memilih menanam tanaman tahunan, terutama kayu untuk kebutuhan industri. Namun, harga kayu cenderung rendah saat panen karena kondisi lahan yang sulit.

Produktivitas Tanah

Usaha pertanian di Desa Gladagsari sangat bergantung pada air hujan karena sumber mata air berada jauh di jurang dan sungai sehingga sulit dialirkan ke sawah. Kondisi itu membuat tanah-tanah pertanian di Gladagsari kurang subur sehingga produktivitas tanaman sumber pangan masih sangat rendah.

Lahan tegalan digunakan untuk menanam jagung, kacang tanah, ketela pohon, dan rumput untuk makanan ternak, tanaman perkebunan, serta kayu sebagai bahan bangunan/industri. Pola penggunaan lahan secara tumpangsari karena sebagian petani juga beternak. Dalam satu lahan tidak hanya ditanami satu jenis tanaman. Lahan yang ditanami tanaman pangan ketela dan jagung juga dikombinasikan dengan tanaman sayur seperti cabai dan terong. Ada juga tanaman hijau untuk pakan ternak serta tanaman perkebunan seperti kopi dan cengkeh yang ditanam bersamaan dengan tanaman kayu sengon, wiyu, dan mahoni.

Musim

Desa Gladagsari memiliki dua musim, yakni kemarau dan penghujan yang mempengaruhi pola pertanian. Pada awal musim penghujan, petani mulai menyiapkan lahan dan menanam bibit. Panen biasa dilakukan saat masuk pergantian musim penghujan ke kemarau. Pada saat pergantian musim, petani juga menanam kembali bibit untuk dipanen menjelang musim kemarau.

Kondisi Ekonomi

Sebagai sebuah wilayah pedesaan, sebagian besar penduduk Gladagsari bekerja sebagai petani sekaligus peternak. Sebagian warga lainnya bermatapencaharian sebagai pedagang, pengrajin, tukang kayu, dan guru tidak tetap.

Matapencaharian ( data PAS 21/ 01/ 2020)

Mata Pencaharian

Jumlah

Petani/ Pekebun

Buruh Tani/ Perkebunan

Perdagangan

Pelajar/ Mahasiswa

Karyawan Swasta

Pedagang

Pengrajin/Industri Rumahan

Tukang Kayu/Batu/Jasa lain

PNS

Pensiunan

Buruh Harian Lepas

Wiraswasta

Lain-lain

386

85

78

904

615

77

29

37

53

66

278

406

1.169


Jumlah Tempat Usaha

Jenis Usaha

Jumlah

Warung Kelontong

Warung Makan

Bengkel Mobil

Bengkel Sepeda Motor

Jasa Jahit

Jasa Transportasi

Industri Rumahan

Kursus dan Bimbingan Belajar

32

6

3

7

13

11

22

3

Berita Terkini